Cara Memformat USB pada Windows XP

page rank

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Minggu, 13 Juni 2010

Cara Memformat USB pada Windows XP

USB drive atau flash disk adalah media penyimpanan data yang terintegrasi dengan USB. Harganya cukup terjangkau, berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana. USB dapat digunakan sebagai pengganti floppy disk, zip drive disk, atau CD/DVD. Dan jenis drive ini tidak memerlukan rebooting ketika anda menghubungkannya dengan komputer.


Akan tetapi, USB flash drive juga seperti media penyimpanan data lainnya yang harus diformat kembali agar semua ruang penyimpanannya bersih dan berfungsi. Anda bisa menggunakan software reformatting yang ada dalam flash disk yang biasa ada pada saat anda membelinya. Akan tetapi jika software tersebut tidak ada dalam USB, maka anda bisa memformat sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1
Klik “My Computer” pada Start Menu atau bisa juga dengan klik ganda pada ikon “My Computer” yang ada pada desktop. Kemudian anda akan melihat drive-drive yang ada pada komputer anda.

Langkah 2
Masukkan flash disk yang akan anda format. Pada Windows Explorer “My Computer” akan terlihat ikon USB setelah anda memasukkan USB. Lalu klik kanan dan kemudian klik Format, maka jendela format akan muncul.

Langkah 3
Di bawah tulisan “Capacity”, terdapat kotak drop-down yang memperlihatkan kapasitas ruang kosong flash disk anda.

Peringatan: Reformat flashdisk otomatis akan menghilangkan SEMUA data dalam flash disk. Untuk penyelamatan data anda, silahkan copy ke drive lain.

Langkah 4
Di bawah tulisan “File System” terdapat kotak drop-down, dimana anda dapat menentukan File System Drive tersebut. Ini merupakan metode penyimpanan dan pengaturan files dan data komputer pada sebuah drive. Disarankan anda memformat flash disk anda dengan memilih NTFS File Sytem karena hal ini lebih efisien dibanding Fat32.

Langkah 5
Di bawah “Volume Label” terdapat kotak dimana anda bisa menamai flash disk anda.

Langkah 6
Di bawah tulisan “Format Options” terdapat pilihan format lainnya. Jika anda memilih quick format berarti anda memilih cara cepat, sedangkan “long format” akan memerlukan waktu yang lebih lama karena akan membaca dan menghapus seluruh data sekaligus memperbaiki kesalahan sistem dalam flash disk.
Enable Compression – Sistem ini memungkinkan pemapatan file-file jika tidak digunakan.
Create and MS-DOS start-up disk – Memungkinkan melakukan boot dari flash disk.

Langkah 7
Klik tombol “Start” untuk mulai memformat flashdisk. Lamanya proses ini tergantung pada ruang kosong yang ada pada flashdisk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar