Memanfaatkan HP GSM sebagai modem untuk koneksi Internet

page rank

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Senin, 14 Juni 2010

Memanfaatkan HP GSM sebagai modem untuk koneksi Internet

Memanfaatkan HP GSM sebagai modem untuk koneksi Internet

Setelah sekian lama cari-cari informasi tentang cara koneksi internet memakai hanphone gsm sebagai modem, akhirnya hari ini, 27 Juli 2008 menjadi hari yang bersejarah bagi saya. karena kali ini saya berhasil konek ke internet dengan hp gsm. Mungkin bagi orang lain ini adalah hal yang biasa-biasa saja. Tapi, bagi saya ini adalah luar biasa.

Sebagai informasi, saya menggunakan hp LG KG300 sebagai modemnya dan memakai simcard Mentari. Lumayan, koneksinya mencapai 460,8 kbps.

Bagi anda yang mau tahu cara koneksi internet memakai hp gsm (LG KG300) sebagai modem, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pastikan HP anda support GPRS
  2. Pastikan pula bahwa GPRS kartu sim anda telah aktif. Untuk mengaktifkannya, silakan hubungi customer service masing-masing operator.
  3. Koneksi lebih baik menggunakan kabel data (recommended), walaupun memakai si gigi biru atau infra red juga bisa. Tapi memakai kabel data akan lebis stabil koneksinya. Jika anda beli HP baru, biasanya mendapatkan kabel datanya. Jika tidak, cari di toko2 komputer.
  4. Koneksi lebih baik menggunakan kabel data (recommended), walaupun memakai si gigi biru atau infra red juga bisa. Tapi memakai kabel data akan lebis stabil koneksinya. Jika anda beli HP baru, biasanya mendapatkan kabel datanya. Jika tidak, cari di toko2 komputer.
  5. Instal driver hp anda ke komputer. Jika dalam paket penjualan hp anda tidak ada drivernya, silakan mencarinya di internet. Untuk hp LG KG300, silakan download disini. Untuk tipe hp lainnya, silakan mencarinya disini. File biasanya berbentuk terkompresi (.zip). Ekstraklah file tersebut.
  6. Khusus untuk LG KG300, file hasil download yang telah diekstrak tersebut, akan ada file phonesuite.exe dan subfolder 6218B_USB_Driver. Bukalah subfolder tersebut dan jalankan file InstallDriver.exe
  7. Hubungkan HP anda ke komputer dengan menggunakan kabel data, saat itu di layar HP ada dua pilihan koneksi, yaitu Simpan Data dan Port COM. Pilihlah yang Port COM.
  8. Jalankan file PhoneSuite.exe
  9. Pilih tab Setting, lalu Create Connection. Dan isi kolom yang tersedia: (dalam hal ini saya menggunakan sim card Mentari)

· Connection Name : koneksigsm (boleh diganti dengan nama lainnya)
APN : Indosatgprs
Number : *99***1#
Username : indosat
Password : indosat
Lalu klik tab “create”

10. Berhenti dulu dari Phone Suite. Kini beralihkah ke Control Panel. Pilih Phone and Modem Options, lalu klik tab Modem, lihat bahwa koneksi modem yang anda buat akan ada di list. Pilih dan klik kanan, lalu pilih Properties, lalu Advanced dan isikan kolom “Extra Setting” dengan kode berikut: AT+CGDCONT=1,”IP”,”indosatgprs”.

11. Kembali ke Phone Suite, klik tab Setting, lalu klik tab Dial Up, dan koneksi yang baru saja anda buat akan terdapat di list, pilih koneksi tersebut dan klik “Dial Up”.
12. Tunggu proses verifikasi username, password dan registering selesai. Jika sinyal GPRS di daerah anda bagus, maka insya Allah koneksi akan berhasil.
13. Maka, komputer anda kini siap digunakan untuk berselancar di dunia maya.
14. Selamat berselancar, semoga tutorial ini bermanfaat.

Catatan: Untuk menghemat jumlah kilobyte data yang di download, matikan fasilitas tampil otomatis gambar. Jadi yang muncul hanya teks saja. Jika anda memakai Mozilla Firefox, pilih Tools, lalu Options, lalu klik tab Content, dan hapus tanda centang di Load Images Automatically.
Jika anda memakai Internet Explorer, pilih Tools, lalu Internet Options, lalu klik tab Advanced dan scroll ke bawah dan lihat sub menu di bawah Multimedia, hilangkan tanda centang Show Pictures.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar